Minggu, 24 November 2013

Artikel "Menjelajahi Perpustakaan dengan OPAC"

Diposting oleh Unknown di 07.58


Percayakah anda dengan OPAC kita bisa menjelajahi perpustakaan? Online Public Acces Catalog (OPAC) merupakan perkembangan teknologi didalam dunia perpustakaan adalah salah satu sistem katalog berbasis komputer . Menurut Wahyu Supriyanto (2008:134) menjelaskan bahwa “OPAC adalah sebuah fitur yang digunakan untuk memfasilitasi pengunjung untuk mencari katalog koleksi perpustakaan yang dapat diakses oleh umum”.
Bagaiman kita dapat menjelajahi perpustakaan dengan OPAC ?
OPAC sebuah layanan yang diberikan perpustakaan untuk memudahkan usernya mencari sumber informasi yang diperlukan. User dapat mengaksesnya secara umum untuk menelusuri data katalog yang dapat memastikan bahwa perpustakaan memiliki koleksi yang dicari oleh user dan mengetahui lokasi keberadaan koleksi.
Ada juga perpustakaan yang memiliki OPAC yang sistemnya dihubungkan dengan sistem sirkulasi yang dapat mengetahui  koleksi yang dicari tersebut tersedia diperpustakaan atau sedang dipinjam. Tanpa harus bersusah payah pindah dari rak satu ke satunya dan rak berikutnya lagi untuk mencari koleksi yang kita inginkan. Kita dapat mencari keberadaan suatu koleksi dari sebuah OPAC dengan memasukkan kata kunci  apakah itu judul, pengarang, subjek atau no klasifikasinya. Bayangkan saja jika perpustakaan tidak memiliki katalog, bagaimana kita menemukan informasi dan koleksi yang kita cari apalagi perpustakaannya memiliki 3 lantai dan banyak rak-rak buku yang tersusun. Apa yang terjadi jika pemustaka menanyakan “apa yang bisa saya dapatkan di perpustakaan ini tentang topik ini?”
Gagasan tersebutlah yang membentuk sebuah ide pembuatan katalog yang awal mulanya ada katalog kartu, katalog berkas dan katalog buku. Seiring perkembangan zaman dan teknologi maka munculah OPAC sebagai sebuah perkembangan teknologi didalam dunia perpustakaan. OPAC memiliki beberapa fitur yang memfasilitasi user. Fitur home page OPAC memiliki fasilitas seperti pencarian simple search, pencarian advance search , menampilkan detail katalog, menampilkan status ketersediaan buku. Selain itu sebagian OPAC juga memiliki fasilitas download data digital dan pemesanan/usulan buku.
User bisa mengakses informasi seluruh koleksi yang ada diperpustakaan dengan OPAC tanpa harus datang keperpustakaan tersebut tetapi catatanya apabila OPAC yang digunakan perpustakaan tersebut sudah online ke internet. Maka user bisa mengaksesnya dimanapun mereka berada. User juga akan lebih banyak mendapat peluang dalam menelusuri bahan pustaka dengan cepat dan tepat. Kemampuan penelusuran informasi dengan OPAC jauh lebih efisien dari pada menggunakan katalog manual karena akan menghemat waktu. Kita juga bisa menelusuri semua koleksi yang ada diperpustakaan tersebut.
Sadarkah kita dengan OPAC kita dapat mengetahui apa saja koleksi yang dimiliki perpustakaan serta lokasinya hal ini dapat kita bandingkan dengan menjelajahi seluruh perpustakaan dengan tenaga. Menjelajahi perpustakaan dengan OPAC merupakan salah satu pelayanan yang tidak disadari oleh pemustaka. Tanpa harus menjelajahi setiap lantai dan rak-rak yang ada diperpustakaan yang akan menguras tenaga dan waktu maka OPAC muncul membantu pemustaka untuk mengetahui lokasi keberadaan koleksi.


Informasi yang ada dalam OPAC biasannya sama dengan katalog-katalog lainnya yaitu 8 daerah deskripsi bibliografis seperti judul, pengarang, deskripsi fisik juga terdapat lokasi keberadaan bahan pustaka dll. Tidak hanya mendapatkan informasi yang dicari, melalui pendekatan-pendekatan tersebut kita juga dapat menemukan referensi lainnya.
Misalnya jika kita ingin menemukan koleksi dengan mengetikkan subjeknya perpustakaan maka akan muncul semua koleksi tentang perpustakaan yang ada di perpustakaan tersebut, setelah itu kita hanya perlu memilah-milah koleksi mana yang kira-kira diperlukan sekali lalu lihatlah no klasifikasinya maka kita akan mengetahui keberadaan lokasi koleksi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jendela Ilmu Perpustakaan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei