Jumat, 07 November 2014

blog

Diposting oleh Unknown di 02.23


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan dan penyebaran informasi yang terjadi pada masa kini sangat pesat. Penyebaran informasi pun telah dilakukan dengan berbagai cara dan media, bisa dengan cara lisan ataupun tulisan dan juga bisa menggunakan media cetak, elektronik dan bahkan secara online. Penyebaran informasi di internet secara online merupakan salah satu yang sangat sering dilakukan akhir-akhir ini. medianya pun beragam contohnya media sosial facebook, twitter, path, instagram, blog (weblog), dll.
Weblog atau yang disebut juga blog merupakan media penyebaran informasi yang banyak digunakan oleh pengguna internet, dan juga menjadi salah satu rujukan banyak orang dalam menemukan informasi baik jenis enterteiment maupun intelektual.
Maka dari itu pada makalah ini kami mencoba untuk menjelaskan tentang blog dimulai dari sejarahnya, fitur-fitur yang terdapat pada blog dan sistem temu balik informasi pada blog.
1.2. Rumusan Masalah
a.       Bagaimana sejarah dari blog
b.      Fitur- fitur apa yang terdapat pada blog
c.       Bagaimana sistem temu balik informasi yang terdapat pad blog

1.3. Tujuan
a.       Mengetahui definisi dan sejarah dari blog
b.      Mengetahui fitur-fitur yang disediakan oleh blog
c.       Mengetahui sistem temu balik informasi pada blog.



BAB II
PEMBAHASAN
II.1 Definisi dan Sejarah Blog
Blog merupakan singkatan dari Weblog istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Weblog merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar komentar mereka sendiri dijurnal online mereka. Menurut wikipedia yang berbahasa Indonesia, weblog/blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (postingan) pada sebuah webpage umum. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Definisi Blog menurut Bloggingly blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari. Sedangkan blog menurut Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005 : WEB dan log (weblog) adalah media dimana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993 merupakan pelajar dari Swarthmore College.. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”. Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan catatan perjalanan seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat. Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine. Setelah itu, blog dan blogosphere terus berevolusi menjadi blogosphere yang kita huni hari ini.         
Beberapa website yang memberikan layanan weblog bagi anggotanya:
1.      Blogger atau Blogspot (http://www.blogger.com)
2.       Blogdrive (http://www.blogdrive.com)
3.      WordPress.com (http://www.wordpress.com)
4.      Blogsome (http://www.blogsome.com)
5.      Edublogs.org (http://www.edublogs.org)
6.      Efx2.com (http://www.efx2.com)
7.      Multiply (http://www.multiply.com)
Jenis  blog secara umum adalah sebagai berikut:
1.         Blog pribadi, blog ini adalah blog yang paling populer yang digunakan agar seseorang bisa tampil dan menjalin berhubungan di internet.
2.         Blog budaya, berdiskusi tentang musik, seni, teater, dan berbagai budaya populer lainnya.
3.         Blog topikal, fokus pada topik-topik tertentu. Bisa yang sedang hangat atau biang tertentu.
4.         Blog bisnis, biasanya membicarakan tentang pasar saham dan berbagi topik bisnis lainnya.
5.         Blog ilmu pengetahuan, biasanya digunakan untuk medistribusikan data dan informasi.
6.         Mobile Blog, blog yang biasa digunakan untuk membicarakan tentang perangkat bergerak (mobile).
7.         Blog kolaboratif, blog jenis ini adalah untuk melakukan kerja bareng dengan orang lain. Setiap ide, perkembangan, masalah dan berbagai hal yang berhubungan dengan kerja bareng di tulis di blog kolaboratif.
8.         Blog penjualan, anda bisa menjual berbagai produk melalui blog silahkan tawarkan produk anda pada blog anda sendiri asal jangan blog orang lain.
9.         Forum blog, bisa digunakan menjadi forum di internet. ini bisa menggantikan peran forum yang selama ini kita gunakan. Meskipun demikian, forum yang biasa memiliki fitur yang lebih baik dari pada blog
10.     Direktori blog, ini adalah blog yang digunakan sebagai direktori blog blog yang ada.
11.     Blog dakwah,blog yang membicarakan tentang islam, baik itu tausiyah , tafsir ayat atau hadist, cerita hikmah, peringatan, anjuran, dan lain sebagainya. Pada intinya mengajak manusia kepada jalan yang lurus (islam).
Fungsi blog secara garis besarnya yaitu sebagai berikut:
·         Blog sebagai media searah: Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,atau satu nukilan, semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.
·         Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama,hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
·         Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.
·         Maklumat dan Pendidikan:Blog jenis ini hanya boleh di buat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
·          Promosi barang/jualan : Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barang sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.

II.2 Fitur-Fitur Blog

1.      Tombol "Entri baru" untuk membuat postingan baru. Setelah sobat klik akan menuju halaman postingan.



2.      Tombol "Ikhtisar" adalah untuk menampilkan informasi secara umum halaman blogger anda seperti pada gambar di awal postingan ini.
3.      Tombol "Post" adalah untuk menampilkan rangkuman postingan, baik yang telah anda publikasikan maupun yang masih dalam draft.
4.      Tombol "Laman" untuk menampilkan informasi halaman. Sobat bisa menambah, menghapus ataupun menhedit halaman sobat.
5.      Tombol "Komentar" untuk mempilkan informasi komentar. Baik komentar yang sobat publikasikan maupun komentar yang terindikasi spam.
6.      Tombol "Google+" merupakan fasilitas untuk mempublikasikan blog sobat kepada pengunjung internet lewat media google+.
7.      Tombol "Statistik" untuk menampilkan informasi postingan, pengunjung, dan sumber lalu lintas di blog sobat.
8.      Tombol "Penghasilan" untuk menampilkan informasi tentang program dari google yang bisa sobat pakai untuk memberikan penghasilan dari blog sobat.
9.      Tombol "Tata letak" untuk menampilkan informasi bentuk blog sobat. Di sini sobat bisa mengedit, menambah, mengurangi gadget untuk melengkapi blog sobat.
10.  Tombol "Setelan" untuk memberikan settingan pada blog sobat. Di sini banyak fitur yang bisa anda gunakan.

II.3 Sistem Temu Balik Informasi pada Blog
Untuk mengetahui cara temu balik informasi pada blog (weblog) maka kita harus masuk terlebih dahulu ke salah satu blog. Sebaiknya blog yang kita kunjungi memiliki tema atau pembahasan yang jelas atau berfokus pada pembhasan tertentu untuk memudahkan kita dalam menemukan informasi yang sesuai dan jelas.
Jika kita telah menemukan blog yang memilki pembahasan yang sesuai dengan kebutuhan informasi yang kita inginkan, maka pada halaman utama blog akan terdapat artikel atau tulisan ter-update dari sipemilik blog. Pada sisi lain halaman blog maka kita akan menemukan “entry populer” yaitu daftar artikel atau tulisan yang sering dikunjungi atau dibaca oleh pengunjung blog tersebut.
Disisi lain halaman blog akan terdapat “arsip blog” merupakan item yang berisi daftar arsip-arsip dari tulisan yang telah diposting oleh pemilik blog. Daftar ini tersusun berdasarkan tahun, bulan dan hari postingan tulisan pada blog tersebut.
            Pada halaman blog juga terdapat menu “search” yang merupakan menu pencarian tulisan yang terdapat pada blog tersebut. Pada kolom search pengunjung atau pembaca dapat memasuki keyword yang diingin oleh pengunjung. Apabila kata kunci sesuai /cocok dengan artikel yang terdapat pada blog maka blog akan menampilkan artikel atau tulisan yang memiliki kata kunci yang sesuai tersebut.
Pada dasarnya sistem temu balik yang terdapat pada halaman blog (weblog) hampir sama dengan yang telah dijelaskan. Namun pada beberapa halaman blog juga akan terdapat design yang berbeda, tergantung pada kreasi yang dimiliki oleh pemilik blog.














BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Blog sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Sama halnya dengan sosial media lainnya blog berisi posting-posting tetapi dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi.





DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_temu_balik_informasi diakses tanggal 2 November 2014 jam 21.38

yang mau share, konfirmasi dulu yaa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jendela Ilmu Perpustakaan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei