Selasa, 11 Maret 2014

Konsep kLasifikasi

Diposting oleh Unknown di 07.37
     Mau bagi-bagi dikit ni kawan-kawan dari pembahasan pertemuan ke2 dari mata kuliah klasifikasi tadi. Ternyata klasifikasi tidak hanya didalam dunia perpustakaan dalam kehidupan sehari-hari kita juga melakukan klasifikasi ni contohnya pada saat kita menyimpan baju didalam lemari, kita akan mengelompokkan pakaian tersebut dengan sama jenis misalnya baju dengan baju, celana dengan celana, rok sama rok bahkan tukang sayurpun mengklasifikasikan sayurannya dengan sama jenis, wortel sama wortel kol sama kol dst. 

     Tetapi jangan sampai salah arti ya, kalsifikasi yang dilakukan didalam perpustakaan tentunya berbeda dengan klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari. Perpustakaan mengklasifikasi informasi menurut aturan dan memiliki pedoman sedangkan dalam klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari tidak. 

Ada beberapa konsep klasifikasi secara umum yaitu:
  1. Klasifikasi Artifisial yaitu kalsifikasi berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat yang ada pada bahan pustaka. Misalnya klasifikasi berdasarkan fisiknya yaitu warna, ukuran dsb.
  2. Klasifikasi Fundamental yaitu klasifikasi bahan pustaka berdasarkan subjek/isi koleksi, dengan menganalisis isi dari koleksi tersebut terlebih dahulunya.  
Home Klassification
     adalah klasifikasi khusus yang dibuat oleh pustakawan tanpa adanya pedoman klasifikasi standar. Biasanya digunakan untuk koleksi spesifik yaitu skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dll

Tujuan klasifikasi
  1. Memudahkan  pengolahannya
  2. Memudahkan penyimpanannya
  3. Memudahkan proses temu balik 
  4. Mengimformasikan subjek-subjek yang dimili perpustakaan
  5. Memperlihatkan keseimbangan subjek
  6. Menghemat tempat penyimpanan 
  7. Memberikan gambaran umum cakupan ilmu pengetahuan
 Hasil Klasifikasi
  1. Classification number / nomor klasifikasi
  2. Call number/ nomor panggil (pada punggung buku)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jendela Ilmu Perpustakaan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei