Kamis, 13 Maret 2014

Resume part 1

Diposting oleh Unknown di 06.45
Penelusuran Literatur

Resume part 1 ni untuk setiap pertemuan di mata kuliah Penelusuran Literatur sama dosen kesayangan ibu Vita Amelia. Tapi digas sama bahasa inggris semua agak mumet sih mikirnya L tapi kalo belajar ya gini ni rasanya (nikmati aja deh ) bawa goyang haahaha tapi makasih banget buat dosen saya yang udah berbaik hati menjelaskannya dalam bahasa indonesia.
Sebelum membahas tentang penelusuran literatur (literatur searching) kita harus mengetahui perbedaan searching dan browsing. Saat kita ingin menemukan suatu informasi dan sudah jelas kata kuncinya maka itu dinamakan searching, sedangkan browsing kita masih menjelajahi web informasi yang mau kita pilih misalnya membaca berita-berita. Searching dan browsing bisa bersamaan jika misalnya kita ingin mengetahui tentang “perpustakaan” (jelas kata kuncinya) tetapi kita ingin menelusuri lagi tentang sejarahnya, perpustakaan-perpustakaan yang ada didunia dll.
Sedikit merangkum dari pertemuan  mata kuliah “Penelusuran Literatur” kemarin bahwa kesimpulan dari pengertian literatur itu adalah merupakan sebuah pemikiran dalam pencarian seluruh materi pada sebuah bahasan dengan langkah-langkah tertentu.
Penelusuran literatur dilatar belakangi oleh keterampilan dalam penelusuran bacaan sehingga bacaan-bacaan tersebut akan mendukung pembelajaran, pengajaran, dan penelitian serta mengandung banyak ilmu apalagi sajak munculnya internet dan kemajuan teknologi.
Penelusuran literatur memiliki tujuan yaitu (1) memperkenalkan bahasan ilmiah (2) memperkenalkan mesin pencarian (3) memperkenalkan jurnal, buku, makalah penelitian yang tersedia di perpustakaan dan menunjukan cara mengaksesnya (4) memperkenalkan informasi kesehatan yang tersedia di internet (5) memberikan keterampilan dalam dalam pencarian literatus dan mengetahuii kualitas  serta mengevaluasinya.  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jendela Ilmu Perpustakaan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei